Jumat, 26 November 2010

Pengertian lagu anak

Melihat perkembangan musik di tanah air sekarang begitu banyak jenis lagu yang bertemakan cinta, perselingkuhan, perpisahan, juga persahabatan. Kesemua tema lagu-lagu itu diperuntukkan bagi remaja dan dewasa. Tapi kenyataannya sekarang anak-anak usia sekolah dasar bahkan mulai usia balita dimana mereka sudah bisa bicara bisa menyanyikan lagu-lagu dewasa tentang cinta-cinta yang bagi mereka pun tidak mengerti arti lagu itu. Padahal banyak sekali lagu-lagu yang diperuntukkan bagi anak-anak yang memang pantas mereka nyanyikan.
Mungkin kurangnya kaset-kaset atau video klip yang menampilkan lagu anak-anak membuat mereka tidak tertarik untuk menyanyikannya. Anak-anak sekarang lebih senang menyanyikan lagu-lagu Nidji, Ungu, Peter Pan ketimbang menyanyikan lagu Ambilkan Bulan Bu, Bunga Nusa Indah, Kring Ada Sepeda, dll.
Ajang pencarian bakat penyanyi anak-anak seperti Idola Cilik sungguh bagus, karena bisa menumbuhkan bibit-bibit penyanyi yang sedianya meregenerasi penyanyi penyanyi seniornya. Hanya saja lagu-lagu yang mereka bawakan kenapa tidak lagu-lagu yang bertemakan persahabatan atau lagu anak-anak ciptaan Ibu Sud, AT. Mahmud, Pak Kasur. Acaranya bagus, hanya saya kurang sreg dengan lagu yang dibawakan anak-anak itu. Mendengar anak-anak sekarang  menyanyikan lagu Cinta Terlarang, Cari Pacar Lagi, atau Sang Mantan rasanya kurang pas di pendengaran. Rasanya suara jernih mereka lebih bagus menyanyikan lagu-lagu Kasih Ibu, Kupu-kupu Yang Lucu, Balonku ataupun Bunda Piara.
Justru lagu anak-anak yang jadul itulah menurut saya sangat merepresentatif jiwa anak-anak yang begitu polos tanpa ada unsur cinta-cinta orang dewasa. Sangat disayangkan memang saat ini pencipta lagu anak-anak sekelas Ibu Kasur, Pak Kasur, AT.Mahmud tidak ada regenarasi-nya. Disarankan bagi orang tua untuk lebih sering memperdengarkan lagu yang memang untuk anak-anak. Kalau yang masih punya kaset jadul-nya ya…diputar atau kalau tidak diajarkan untuk menyanyikannya.
Rindu ya dengar anak-anak menyanyikan lagu-lagunya…
http://umum.kompasiana.com/2010/02/10/lagu-anak-anak/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar